5 Klub Sepak Bola Wanita Terbaik di Eropa 2020 UEFA Womens Club

5 Klub Sepak Bola Wanita Terbaik di Eropa 2020 UEFA Womens Club

Klub Sepak Bola Wanita Terbaik di Eropa 2020 akan admin bagikan pada postingan kali ini. Urutan yang admin ambil ini berdasarkan rangking dari UEFA Womens Club sebagai induk organisasi sepakbola di Eropa.

Jadi soal keakuratan datanya pasti tidak perlu diragukan lagi, anda juga bisa mengecek peringkatnya secara langsung disini. Tanpa basa-basi, yuk langsung saja kita simak klub apa saja yang berada di 5 besar peringkat UEFA.

5 Klub Sepak Bola Wanita Terbaik di Eropa 2020

Olympique Lyon (Perancis)

Klub sepak bola wanita terbaik di Eropa yang pertama ini bukan hanya di benua biru saja, melainkan terbaik se-dunia. Sejak berdiri hingga sekarang, Lyon mencetak berbagai rekor sejarah yang sulit ditandingi.

Memenangkan 20 kali juara liga Perancis, 8 kali piala liga Perancis dan 6 kali juara liga Champions Eropa. Anda bisa bayangkan seperti apa kehebatan klub Olympique Lyon ini.

Klub-Sepak-Bola-Wanita-Terbaik-Lyon-Women

Lebih parahnya lagi, dari 20 kali juara liga, 14 kali (5x untuk Copa) berhasil didapatkan secara berturut-turut. Begitu juga pada liga Champions Eropa yang dimenangkan berturut-turut juga sebanyak 4 kali.

Tak heran jika banyak dari klub sepak bola wanita di dunia mencontoh cara pelatihan yang dilakukan oleh Lyon. Sekarang klub tersebut berada di pemuncak dengan poin tertinggi 131,875.

VfL Wolfsburg (Jerman)

Peringkat kedua klub sepak bola wanita terbaik di Eropa diduduki oleh VfL Wolfsburg dari Jerman dengan 103,275 poin. Sesuai dengan julukan negara “Tim Panzer” yang lambat panas, begitu juga dengan klub ini.

Berdiri sejak 2003, klub sepak bola wanita Wolfsburg terseok-seok bahkan sempat degradasi dari liga utama. Namun setelah 8 tahun berlalu, tepatnya di musim 2011-2012 klub ini mulai menunjukkan sepak terjangnya sampai sekarang.

Klub-Sepak-Bola-Wanita-Terbaik-VfL-Wolfsburg-Women

Pada musim tersebut, Wolfsburg berhasil meraih Runner-Up Bundesliga dan setelah itu meraih gelar juara pertama sampai sekarang. Klub tersebut hanya gagal 1x meraih juara pada musim 2015 saja.

Prestasi di liga Champions Eropa pun mulai diperlihatkannya dengan berhasil 2x berturut-turut juara pada musim 2013 dan 2014. Namun dominasinya terhenti oleh klub asal Perancis Olympique Lyon.

READ  3 Pemain Terbaik Wanita UEFA Women's Player of the Year Award

FC Barcelona (Spanyol)

Memiliki 94,820 poin, Barcelona menghuni tempat ketiga di bawah Wolfsburg. Berdiri sejak tahun 1998, klub wanita Barca ini kurang bisa bersinar pada laga internasional seperti liga Champions.

Mereka sama sekali belum pernah meraih trofi turnamen bergengsi Eropa tersebut sampai 2020. Pencapaian tertinggi yang berhasil ditorehkan hanya sampai final (1 kali) yang harus mengakui superioritas Lyon dengan skor 1-4.

Klub-Sepak-Bola-Wanita-Terbaik-Barcelona-Women

Meskipun demikian, prestasi el Barca wanita ini sangatlah bersinar di domestik. Mereka merupakan tim sepakbola wanita yang paling tersukses di dataran Spanyol. Total sudah 22 Trofi berhasil dimenangkan oleh tim wanitanya.

Copa Catalunya berhasil dimenangkan sebanyak 10 kali, Supercopa 1 kali, Copa del Rey sebanyak 6 kali dan juara liga sebanyak 5 kali. Prestasi ini jauh melampaui klub-klub wanita lainnya seantero Spanyol.

Paris Saint-Germain (Perancis)

Paris Saint-Germain a.k.a PSG menempati peringkat keempat dengan 89,875 poin. Klub yang bermarkas di Paris (ibukota Perancis) terbilang paling lama berdiri diantara klub lainnya (sudah 49 tahun).

Namun kalau soal prestasi, klub ini terbilang masih sangat sedikit dan bahkan bisa dibilang nyaris tanpa trofi. Prestasinya sejauh ini hanya bisa mencapai final liga Champions untuk internasional.

PSG-women-club

Sedangkan prestasi di domestiknya, sama sekali belum pernah meraih juara liga. Klub PSG wanita bahkan sempat degradasi ke divisi 2 dan kembali lagi ke divisi utama setahun berikutnya.

Trofi yang berhasil diraih sejauh ini tiga buah. Satu diantaranya juara liga divisi dua dan sisanya memenangkan Coupe de France sebanyak 2 kali. Selebihnya klub ini kurang dapat bersaing tuk meraih podium tertinggi.

FC Bayern Munchen

Posisi kelima klub sepak bola wanita terbaik di Eropa dengan 74,275 poin dipegang oleh Bayern Munchen. Kalau tim prianya sangat sukses baik di lokal dan Eropa, namun tidak dengan sepakbola perempuannya.

Berdiri sejak 1970 (hampir 50 tahun) tidak membuat klub ini menjadi penguasa liga. Klub ibukota Jerman tersebut baru mulai menunjukkan keganasannya memasuki tahun 2000 sampai sekarang.

bayern-munchen-women-club

Untuk urusan internasional seperti Liga Champions, Bayern memang kurang mengesankan. Raihan tertingginya hanya sampai babak semi final pada tahun 2018 silam, sisanya berakhir di perempat final dan bahkan sering tidak lolos kualifikasi grup.

READ  8 Wasit Sepak Bola Wanita Tercantik di Dunia 2020

Prestasi di domestiknya cukup fantastis, khususnya pada musim 2015. Bukan hanya meraih gelar juara liga Bundesliga saja, tim wanita Bayern pun tidak pernah sekalipun mengalami kekalahan, luar biasa…

Itulah Ke-5 Klub Sepak Bola Wanita Terbaik di Eropa 2020 versi UEFA. Terima kasih sudah menyempatkan membaca, semoga artikelnya bermanfaat, maju terus sepakbola Indonesia.